Check it out..
Form ini dapat dijadikan alat untuk mendeteksi dini ada/tidaknya penyalahgunaan NAPZA di
lingkungan terdekat ...
TANDA-TANDA DI RUMAH
JENIS DETEKSI
|
NO
|
TANDA-TANDA DI RUMAH
|
YA
|
TDK
|
FISIK
|
1
|
No
eye contact (jika diajak berbicara jarang kontak mata)
|
||
2
|
Bicara
pelat/cadel
|
|||
3
|
Sering
makan permen karet atau permen mentol untuk menghilangkan bau mulut
|
|||
4
|
Sering
memakai kacamata gelap dan atau topi untuk menutupi mata telernya
|
|||
5
|
Sering
membawa obat tetes mata
|
|||
6
|
Mempunyai
banyak hutang serta menggadaikan barang-barang atau menjual barang-barang
|
|||
7
|
Tidak
memperhatikan kebersihan/kerapian diri sendiri (kamar berantakan, tidak
mandi, dll)
|
|||
8
|
Menunjukkan
gejala-gejala ketagihan (demam, pegal2, menguap, tidak bisa tidur
berhari-hari, emosi labil, garuk-garuk muka/leher, hidung meler, dll)
|
|||
9
|
Sering
meminta obat penghilang rasa sakit (analgesic) dengan alasan demam, pegal,
linu atau obat tidur dengan alasan tidak bisa tidur
|
|||
SIKAP
|
1
|
Keras
kepala (susah dinasehati)
|
||
2
|
Sering
meyalahkan orang lain untuk kesalahan yang dia buat
|
|||
3
|
Tidak
pernah konsisten dalam berbicara (mancla-mencle) yang penting menguntungkan
untuk posisinya
|
|||
4
|
Sering
beralasan yang dibuat-buat (rationalize)
|
|||
5
|
Sering
berbohong (manipulate)
|
|||
6
|
Sering
mengancam, menantang atau sesuatu hal yang dapat menimbulkan kontak fisik
atau perkelahian untuk mencapai keinginannya
|
|||
7
|
Berbicara
kasar kepada orang tua atau anggota keluarga lainnya
|
|||
8
|
Lebih
sering dihukum atau dimarahi
|
|||
9
|
Bila
dimarahi, makin menjadi-jadi dengan menunjukkan sifat membangkang
|
|||
10
|
Tidak
mau mempedulikan peraturan di lingkungan keluarga
|
|||
11
|
Sering
merongrong keluarga untuk meminta uang dengan berbagai alasan
|
|||
12
|
Selalu
meminta kebebasan yang lebih
|
|||
13
|
Jarang
mau makan atau berkumpul bersama keluarga
|
|||
14
|
Emosi
tidak stabil (naik-turun)
|
|||
15
|
Omongannya
basa-basi dan menghindari pembicaraan yang panjang
|
|||
16
|
Mudah
berjanji, mudah pula mengingkari dengan berbagai alasan
|
|||
17
|
Pupusnya
norma atau nilai yang dahulu dimiliki
|
|||
18
|
Bersikap
aneh-kontradiktif (kadang banyak bicara, kadang pendiam/sensitif, dll)
|
|||
19
|
Tidak
mau diajak bepergian yang lama (keluar kota, menginap, dll)
|
|||
AKTI-
FITAS
|
1
|
Jika
keluar rumah sembunyi-sembunyi (tdk pernah bilang)
|
||
2
|
Siklus
kehidupan menjadi terbalik (siang tidur, malam melek/keluyuran)
|
|||
3
|
Sering
tidak pulang berhari-hari
|
|||
4
|
Sering
keluar rumah sebentar kemudian kembali ke rumah
|
|||
5
|
Semakin
jarang mengikuti kegiatan keluarga
|
|||
6
|
Mulai
melalaikan tanggung jawab rutinnya di rumah
|
|||
7
|
Sering
pulang lewat jam malam
|
|||
8
|
Sering
pergi ke disko, mall atau pesta
|
|||
9
|
Menghabiskan
uang tabungannya atau selalu kehabisan uang (bokek)
|
|||
10
|
Barang-barang
berharga miliknya atau milik keluarga yang dipinjam hilang dan sering tidak
dilaporkan
|
|||
11
|
Waktunya
di rumah banyak dihabiskan di kamar sendiri atau di kamar mandi
|
|||
KONDISI
LEBIH JAUH
|
1
|
Berubah
teman dan jarang mau mengenalkan teman-temannya
|
||
2
|
Teman
sebayanya makin lama tampak mempunyai pengaruh negatif
|
|||
3
|
Berani
berbuat kekerasan dan kriminal
|
|||
4
|
Ada
obat-obatan, kertas timah, bong (botol yg ada penghisapnya) maupun
barang-barang aneh lainnya (alumunium foil, spuit/jarum suntik, gulungan
uang/kertas, dll), bau-bauan yang tidak biasa (di kamar tidur atau kamar
mandi) walau menyangkal bukan miliknya
|
|||
5
|
Teman-teman
lamanya (yang baik) mulai menghindar
|
|||
6
|
Paranoid
(ketakutan, berbicara sendiri, merasa selalu ada yang mengejar, dll)
|
|||
TANDA-TANDA DI SEKOLAH
JENIS DETEKSI
|
NO
|
TANDA-TANDA DI SEKOLAH
|
YA
|
TDK
|
FISIK
|
1
|
No
eye contact (jika diajak berbicara jarang kontak mata)
|
||
2
|
Bicara
pelat/cadel
|
|||
3
|
Sering
menunggak uang sekolah atau biaya lain-lainnya
|
|||
4
|
Sering
makan permen karet atau permen mentol untuk menghilangkan bau mulut
|
|||
5
|
Sering
memakai jaket ke sekolah (untuk menutupi bekas suntikan, kedinginan, dll)
|
|||
6
|
Sering
memakai kacamata gelap dan atau topi untuk menutupi mata telernya
|
|||
7
|
Sering
membawa obat tetes mata
|
|||
8
|
Mempunyai
banyak hutang ke teman sekolahnya serta menggadaikan barang-barang atau
menjual barang-barang
|
|||
9
|
Di
kelas sering mengantuk dan tidak memperhatikan guru
|
|||
10
|
Motivasi
sekolah menurun (malas berangkat sekolah, tidak mengerjakan PR, dll)
|
|||
11
|
Sering
dipanggil guru karena tidak disiplin, dll
|
|||
12
|
Tidak
peduli pada kebersihan dan kerapian diri sendiri
|
|||
13
|
Sering
beralasan sakit ketika sedang belajar
|
|||
SIKAP
|
1
|
Tidak
pernah konsisten dalam berbicara (mancla-mencle) yang penting menguntungkan
untuk posisinya
|
||
2
|
Sering
beralasan yang dibuat-buat (rationalize)
|
|||
3
|
Sering
berbohong (manipulate)
|
|||
4
|
Sering
mengancam, menantang atau sesuatu hal yang dapat menimbulkan kontak fisik
atau perkelahian untuk mencapai keinginannya
|
|||
5
|
Berbicara
kasar kepada guru atau teman lainnya
|
|||
6
|
Mengisolasi
diri
|
|||
7
|
Tidak mau
mempedulikan peraturan di sekolah (sering membuat ulah di sekolah)
|
|||
8
|
Selalu
meminta kebebasan yang lebih
|
|||
9
|
Omongannya
basa-basi dan menghindari pembicaraan yang panjang
|
|||
10
|
Mudah
berjanji, mudah pula mengingkari dengan berbagai alasan
|
|||
11
|
Bersikap
aneh-kontradiktif (kadang banyak bicara, kadang pendiam/sensitif, dll)
|
|||
12
|
Menunjukkan
sikap tidak peduli dan apatis
|
|||
13
|
Mulai
melalaikan tanggung jawab rutinnya sebagai pelajar di sekolah
|
|||
14
|
Bila
dimarahi, makin menjadi-jadi dengan menunjukkan sifat membangkang
|
|||
15
|
Mengeluh
tentang keadaan keluarga (kurang perhatian, terlalu kolot/disiplin, dll)
|
|||
16
|
Bila
ditanya sikapnya defensif dan penuh kebencian
|
|||
17
|
Mudah
tersinggung
|
|||
18
|
Serimg
beralasan sakit ketika sedang belajar
|
|||
19
|
Emosi tidak
stabil (naik-turun)
|
|||
20
|
Keras
kepala (susah dinasehati)
|
|||
21
|
Sering
meyalahkan orang lain untuk kesalahan yang dia buat
|
|||
22
|
Sikapnya
manipulatif
|
|||
AKTI-FITAS
|
1
|
Sering
berada di kamar mandi sekolah dengan waktu yang tidak lazim
|
||
2
|
Lebih
sering dihukum atau dimarahi
|
|||
3
|
Mulai berkumpul
dengan anak-anak yang tidak beres di sekolah
|
|||
4
|
Sering
pulang sebelum selesai jam pelajaran
|
|||
5
|
Nilai
sekolah turun
|
|||
6
|
Sering
keluar kelas dan tidak kembali lagi ke sekolah
|
|||
7
|
Berubahnya
gaya pakaian dan gaya musik yang disukai
|
|||
8
|
Teman lama
ditinggalkan
|
|||
9
|
Meninggalkan
hobi-hobi yg terdahulu (misal olah raga atau kegiatan ekstrakurikuler yang
dahulu digemari)
|
|||
10
|
Jika keluar
kelas/sekolah sembunyi-sembunyi (tdk
pernah bilang)
|
|||
11
|
Semakin
jarang masuk atau mengikuti kegiatan di sekolah
|
|||
12
|
Sering
meminta obat penghilang rasa sakit (analgesik) dengan alasan demam, pegal,
linu atau obat tidur dengan alasan tidak bisa tidur
|
|||
KONDISI LEBIH JAUH
|
1
|
Berani
berbuat kekerasan dan kriminal
|
||
2
|
Barang-barang
siswa di kelas atau di sekolah banyak yang hilang
|
|||
3
|
Ada
obat-obatan, kertas timah, bong (botol yg ada penghisapnya) maupun
barang-barang aneh lainnya (alumunium foil, spuit/jarum suntik, gulungan
uang/kertas, dll), bau-bauan yang tidak biasa (di kamar mandi sekolah) walau
menyangkal bukan miliknya
|
|||
4
|
Paranoid
(ketakutan, berbicara sendiri, merasa selalu ada yang mengejar, dll)
|
|||
5
|
Menunjukkan
gejala-gejala ketagihan (demam, pegal2, menguap, tidak bisa tidur
berhari-hari, emosi labil, garuk-garuk wajah/leher, hidung meler, dll)
|
|||
6
|
Teman-teman
lamanya (yang baik) mulai menghindar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar